shadaqah

 

Sedekah sebuah kata yang sangat fenomenal dan sering kita dengan baik melalui ceramah keagamaan yang disampaikan oleh para ustadz/ah, al-Qur’an, al-hadist, artikel, maupun buku yang kita baca. Akan tetapi siapa yang menyangka, dibalik adanya perintah untuk bersedekah tersembunyi kedasyatan yang teramat luar biasa dibalik ganjaran dari bersedekah. Selain membantu penderitaan orang lain, sedekah juga berfungsi layaknya candu asmara untuk diri pelakunya. Dan salah satu kedasyatan dari ganjaran bersedekah adalah dijauhkan/dihindarkan dari bala (bencana). Ternyata sedekah itu dapat dijadikan sebagai senjata tolak bala bagi setiap orang, khususnya umat muslim dengan kehendak Allah SWT tentunya. Banyak orang yang telah membuktikannya, dan hebatnya bukan hanya orang Indonesia saja, melainkan dunia. Konsep sedekah berkhasiat untuk menolat bala yang menghampiri pelaku/ahli sedekah ini tercetus adanya sebuah realita dan sumber dari hadist Nabi sebagai berikut :
Rasulullah Saw, bersabda: ”Sedekah melalui tangan itu dapat menghindarikan diri dari kematian yang tidak baik, menjaga diri dari tujuh puluh macam bencana.”
Khasiat dari sedekah yang notabenenya dapat  menjadi senjata ampuh dari datangnya musibah yang menghampiri menjadi hal yang sangat fenomenal dan digandrungi orang karena kiprahnya. Sekilas dengan adanya sumber dari hadist Nabi diatas setidaknya telah membuka cakrawala pengetahuan kita bahwa dibalik adanya perintah Allah dan Rasul-Nya untuk melakukan sesuatu ada sebuah kebaikan untuk diri pelakunya dengan bisa dibuktikan secara ilmiah. Bagaimana tidak, hampir setiap perintah yang ada di al-Qur’an dan al-Hadist saat ini telah banyak dibuktikan melalui riset, bahkan hebatnya al-Qur’an dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s